Pages

Aug 17, 2010

Dirgahayu Indonesiaku

saat saya menulis ini, waktu di jam weker doraemon biru saya sudah menunjukkan pukul 00.30 WITA, itu artinya udah tanggal 17 agustus.
well, yeah, ini 17 AGUSTUS sodara-sodara. tanggal sakral yang di jadiin hari lahirnya bangsa Indonesia kayak dibait lagu 17 Agustus.

apa yang kamu ingat tentang 17 agustus?
hmm, saya ingat upacara bendera, saya ingat betapa membosankannya berdiri di tengah terik matahari yang membakar kulit dan disuruh (maaf,terkesan agak dipaksa) menyanyikan beberapa lagu-lagu nasional..
saya juga ingat perlombaan ini-itu di tiap kampung, itu memang seru, tapi saya bukan orang yang senang berpartisipasi dalam acara itu, memilih jadi penonton menurutku sudah cukup (menonton itu sebenarnya termasuk berpartisipasi bukan?).

dan apa lagi yang kamu ingat?
seingat saya, setahun yang lalu, di spanduk-spanduk, iklan-iklan radio/televisi, saya melihat dan mendengar angka 64, itu (mungkin) umur Indonesia. ya memang benar, itu umur Indonesia, dan berarti tahun ini bertambah 1 angkanya jadi 65. wow!!! sudah lama sekali menurutku, lebih dari setengah abad.
kalo saja Indonesia saya andaikan sebagai seorang manusia, dia sekarang beruban, berkeriput, jalannya pelan, dan bicaranya tersendat-sendat.
tapi tanpa diandaikan sebagai manusia pun, kita udah bisa liat jelas betapa rapuhnya Indonesia skarang, ngga sesuai umurnya yang seharusnya lebih mapan dan lebih baik.

well, saya akui saya bukan pengamat negara yang baik dan cerdas, tapi kalo tiap hari nonton berita, anak SD saja bisa ngerti apa yang sedang terjadi di negaranya tercinta ini.
ada banyak kasus yang membuat saya tidak habis pikir kenapa itu bisa terjadi.
kasus korupsi contohnya. koruptor-koruptor ngga tau malu itu, seenaknya make uang negara, uang rakyat buat dirinya sendiri. menurut saya itu kelewatan dan tidak bermoral. dan yang paling tidak bisa saya cerna oleh otak kecil saya, kenapa bisa ada penjara khusus koruptor-koruptor ini? dengan fasilitas elit lah, diperlakukan dengan baik lah? itu tidak terdengar seperti hukuman bukan????? oh Indonesia...

ada lagi kasus yang menarik buat saya, anggota DPR yang sering absen. "hey, hello!!! lu pikir tu kantor sekolah nenek moyang lu ape? absen seenaknya!!!"
mereka itu seharusnya memperbaiki negara ini menjadi lebih baik, bukan seperti itu. dan bukankah seharusnya mereka tau malu karna mereka dipilih oleh rakyat???????? oh Indonesia...

Oh, saya kembali teringat dengan berita yang membuat air mata saya sempat jatuh bercucuran.
kisah 2 janda pejuang yang nyaris diusir dari kediamannya dan terancam divonis 2 tahun penjara karna dianggap menempati rumah yang bukan haknya. oh come on, mereka orang-orang yang berjasa memerdekakan negara ini!!! mengapa mereka harus menjadi korban potret hukum yang buta dengan rasa kemanusiaan????? oh Indonesia...

banyak lagi kasus yang membuat saya geram yang tidak dapat diceritakan disini.
tapi saya akan banyak berharap untuk Indonesia. hanya untuk Indonesia, tidak untuk orang-orang jahat yang terlihat seperti malaikat didepan rakyat Indonesia. dan juga tidak untuk orang-orang yang tidak menginginkan kedamaian di bangsa ini.

~~~

untuk Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita.
dirgahayu 65 tahun.
semoga ada perubahan-perubahan kecil yang bisa membuat bangsa ini kembali meneriakkan KEMERDEKAAN.
seluruh doa kami untuk Indonesia.


Jayalah Negeriku...

No comments:

Post a Comment